Cara Mencari Dua Tipe File di Dalam Folder dan Sub Folder - IT Professional

IT Professional

Information, Tutorial and IT Tips

Senin, 06 November 2017

Cara Mencari Dua Tipe File di Dalam Folder dan Sub Folder


Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ilmu tentang cara mencari dua tipe file di dalam folder dan sub folder. Mungkin banyak orang yang bingung ingin merakap file yang berbeda folder atau ada sub foldernya. Hal ini membuat pemborosan waktu dalam merekap atau mengumpulkan file, dimana kamu masuk ke setiap folder hingga beberapa sub folder lainnya.

Sebenarnya cara ini biasa digunakan pada pekerjaan bahkan mungkin freelancer atau kantoran. Setelah saya research permasalahan ini ternyata ada cara yang lebih mudah, cepat dan effisien waktu. Sebenarnya dalam mencari dua tipe file di dalam folder dan sub folder ini banyak sekali kegunaannya bukan hanya untuk merekap data / file saja, misal untuk mengatur data projek desain antara .jpg , .eps dan .txt didalam berbagai sub folder.

Caranya cukup simple aja sih, ada beberapa fitur search di explorer windows yang banyak belum diketahui banyak orang, mungkin kamu salah satunya. Fitur yang disediakan yaitu diantaranya kata kunci 'OR' dan 'AND'.

Nah kata kunci 'OR' dan 'AND' ini bisa kamu masukkan pada search bar windows explorer kamu. Contohnya kasus ada pada screenshoot dibawah ini :

1. Menggunakan 'OR'
Saya ingin mengubah nama file.txt dan file.jpg menjadi nama yang sama, maka yang harus kamu masukkan pada search bar adalah .txt OR .jpg.

Berikut hasilnya, data dibawah bisa diurutkan berdasarkan folder untuk mengubanya lebih gampang.

Setelah itu akan muncul beberapa tipe file yang ingin kamu cari. Kamu juga bisa ubah nama file secara langsung, misal dari contoh diatas ubah nama file .txt menjadi nama seperti gambar sesuai yang telah diurutkan.


2. Menggunakan 'AND'
Sebenarnya hampir sama seperti 'OR', bedanya yaitu kata kunci 'AND' berguna untuk mencari file dimana file tersebut memiliki nama x dan nama/format x. Contoh kasus sebagai berikut :

Saya ingin mencari file yang memiliki nama FAST dan berformat .ZIP, maka kata kunci yang harus dimasukkan pada search bar adalah FAST AND .ZIP. Berikut gambarnya beserta hasilnya :

Mudah bukan, cara ini sebenernya simpel banget, tapi manfaatnya sangat berguna. terutama orang kantoran atau pembisnis gitu. Mungkin cukup sekian cara mencari dua tipe file di dalam folder dan sub folder .

Semoga Tips ini Bermanfaat and Good Luck!

Se : mencari file dengan mudah, mencari tipe file di windows, mencari berkas dengan mudah, mencari multiple tipe file dalam folder, multiple search type, easy multiple search in windows, multiple search di windows, mencari 2 tipe file di sub folder, cara mencari file di komputer dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar