3 Masalah dan cara mengatasi error pada sharing network - IT Professional

IT Professional

Information, Tutorial and IT Tips

Minggu, 25 September 2016

3 Masalah dan cara mengatasi error pada sharing network

Bagaimana rasanya ketika kamu ketika tidak bisa menshare folder lewat network atau wifi yang kamu buat? Hal ini kadang membuat kita kesal, terutama bagi yang tidak mempunyai flashdisk atau malas menunggu lama saat mengcopy file ke komputer temen.

Hal ini biasanya terjadi pada perkantoran, laboratorium komputer, warnet, dan kontrakan yg isinya para downloader, pejuang skripsi, gamer, dan sebagainya. hahaha...
dan kamu yang belum tau cara menshare folder kamu bisa baca disini

Nahh... disini acal akan membahas cara mengatasinya, ada 3 Masalah dan cara mengatasi error pada sharing network yang sering terjadi, caranya mudah asal kamu ikuti cara ini :
    1. Masalah/cara pertama,bagi kamu yang ingin share folder, tapi ketika temen kamu mengakses folder yang kamu share, folder kamu tidak bisa diakses alias error network "windows cannot access"
    Langkah-langkahnya :
    • Pilih folder yang ingin kamu share, klik kanan > properties > pilih tab security.
    • Pada kumpulan user, kamu harus menambahkan user "Everyone" untuk bisa mengakses folder yang kamu share, caranya klik Edit untuk menambahnya.
    • Setelah itu pilih "Add" kemudian "Advanced" dan pilih "Find Now" untuk mencari user yang ingin ditambahkan. *gambar dibawah

    • Setelah kamu "Find Now" kamu akan menemukan banyak user, pilih yang "Everyone" dan klik "Ok".
    • Dari list user yang ditampilkan, everyone sudah masuk kedalam daftar, sekarang tinggal kamu setting hak aksesnya, apakah hanya bisa read(membaca), write(menulis), memodifikasi isi folder, atau Full control. menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. kemudian Oke > Oke lagi.
    • Done! , kalau tetap tidak bisa coba cara dibawah ini. #CAWWW

     2. Masalah/cara Kedua, Ketika temen kamu ingin mengakses network kamu, temen kamu tidak bisa masuk, dan muncul notifikasi user dan password atau error network, berikut caranya :
    • Buka "Open Network dan Sharing Center", pilih "Change advanced sharing settings".
    • Klik "All Network" scroll kebawah dan disitu ada pilihan "Turn on password-protected sharing" dan "Turn off password-protected sharing", pilih yang "Turn off password-protected sharing" untuk memberikan akses network kamu kepada temanmu, kemudian pilih "Save Changes".
    • Done!, Kalau masih saja tidak bisa coba deh cara dibawah ini. #GOOOO

    3. Masalah/cara ketiga, ketika cara kedua yang diatas sudah kamu lakukan dan temen kamu masih TIDAK BISA mengakses network kamu alias masih error atau muncul user dan password,
    padahal kamu tidak sama sekali memakai password pada komputer kamu, cara ini manjur 100%, agar teman kamu bisa akses sharing network, kamu harus pasang password pada komputer kamu, caranya :
    • Buka "user account" kamu, dan pilih "Sign-option" (ini untuk windows 10) untuk windows kebawah pilih "password protect".
    • Isikan nama, password dan hint, hint itu untuk agar mempermudah kamu ingat passwordnya. tapi saran saya isi password yang gampang kalau tujuan kamu cuma ingin bisa share network kamu ke temanmu, contoh namamu atau 1. agar mempermudah dalam pengkasesan, berbeda dengan privasi. misal nama mantan hahaha.. #GGWP
    • Sekarang kalau sudah kamu buat passwordnya, coba suruh temanmu akses networkmu dan masukkan user dan password yang kamu buat. #SELAMAT

    Itulah 3 Masalah dan cara mengatasi error pada sharing network, selamat mencoba dan semoga berhasil. :)


    Semoga bermanfaat 
    Terimakasih atas kunjungannya :)
    Jangan lupa LIKE fanspage kami dan komentar nya tentang artikel ini



    Search Enggine :  error network, network error, tidak bisa sharing file, masalah sharing file, sharing file, sharing folder, network meminta user dan password, tidak bisa konek network sharing, mengatasi error ketika masuk ke network, cara sharing file atau folder, 100% berhasil.






    18 komentar:

    1. semoga berkah bosq, terima kasih banyak, lancar rezeki dan diberi kesehatan bosq

      BalasHapus
    2. step satu sama dua dah tau. nah step tiga gak tau. ternyata manjur step tiga. hahaha.. makasih bro.

      BalasHapus
    3. Sory gan numpang tanya, kalo misalkan networknya tidak terbaca semua itu kenapa yah? Jadi hanya beberapa komputer saja yang terbaca apa karna routernya

      BalasHapus
    4. Barakallah , terima kasih ilmunya , sangat bermanfaat,
      setelah sekian lama tanya2 ngga ada yang bisa memberi solusi

      BalasHapus
    5. terima kasih ilmunya....bos, semoga sehat selalu

      BalasHapus
    6. Kalo cara pertama ngga jadi, dan tidak diminta username dan pass.....itu gimana ?

      BalasHapus
    7. Cara 1 & 2 udah, tapi tetep ga bisa. Gimana gan ya?

      BalasHapus
    8. Mau tanya klo Windows cannot access terus ada baca diagnose, itu kenapa ya ? dan bagaimana cara mengatasinya ?

      BalasHapus
    9. Udah semua cara seperti di atas di coba tapi masih tetep gagal

      BalasHapus
    10. Sudah coba semua opsi tersebut tp masih muncul login user pass, padahal sudah buat pass yg sama tp masih blm mau masuk. Solusinya gmn ya ?

      BalasHapus